Tour Prambanan, Legenda Cinta Yang Tak Sampai

Berkunjung ke jogja, mampirlah ke Prambanan. Candi yang merupakan cagar budaya ini memiliki kisah cinta dari abad Masehi. Terletak 17 Km dari pusat kota jogja, Candi Prambanan adalah yang terbesar di Indonesia, bahkan se Asia Tenggara. Candi Prambanan yang memiliki nama lain Candi roro jonggrang ini didirikan 850 M. Tinggi candi Prambanan 47 meter, dan ini lebih tinggi  5 meter dari borobudur. Unesco pada tahun 1991 menetapkan candi ini sebagai cagar budaya. Selain prambanan ada beberapa candi yang ada di jogja juga ditetapkan Unesco sebagai warisan dunia. Antara lain candi lumbung, candi bubrah, candi asu.

tarif paket wisata jogja

Masih ingakah legenda Bandung Bondowoso? Legenda inilah yang mengiringi adanya candi Prambanan. Legenda Bandung bondowoso jatuh cinta pada seorang putri yang bernama Roro Jonggrang. Roro Jonggrang tidak bisa menolak cinta Bandung Bondowoso. Roro jonggrang kemudian mengajukan syarat membuat seribu candi dengan  arca  dalam waktu semalam. Syarat ini pun diterima dan dipenuhi oleh Bandung Bondowoso.  Karena Roro Jonggrang tidak ingin Bandung Bondowoso berhasil, maka pada suatu malam Roro  Jonggrang meminta bantuan  warga untuk menumbuk padi yang menandakan sudah pagi. Suara tumbukan padi pun membuat ayam mulai berkokok menandakan berakhirnya malam. Tetapi Bandung Bondowoso mengetahui kecurangan Roro Jonggrang. Padahal Bandung Bondowoso hampir berhasil, dia menyelesaikan 999 arca. Bandung bondowoso marah, kemudian dia mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang ke seribu. Arca roro jonggrang di candi ini dg nama lain Durga mahesasura mardhini

Prambanan merupakan karya arsitektur pada masa terakhir kerajaan Mataram kuno, sekitar abad ke 10. Dibangun pada masa Rakai Pikatan dari wangsa Sanjaya. Rakai Pikatan membangun candi ini untuk Pramodya Wardhani wanita yang dicintainya yaitu putri dari wangsa Syailendra. Selain cerita Bandung Bondowoso, prambanan juga mengisahkan kisah cinta Rakai Pikatan dengan Pramodya Wardhani. Hampir sama dg kisah Bandung bondowoso, dengan menjadikan candi sebagai persembahan seorang laki-laki yang ingin mempersunting wanita.

Candi yang memiliki area 39,8 Ha ini merupakan candi hindu yang terdiri dari 3 candi di halaman utama.  Ketiga candi itu adalah candi brahma, candi siwa ,candi wisnu. Dalam candi  siwa terdapat arca siwa mahadewa setinggi 3 meter Ini merupakan tempat permujaan dewa siwa yang merupakan dewa tertinggi. Konon nama mahadewa diberikan pada dewa Siswa karena para dewa memberikan setengah kekuatannya masing-masing pada dewa siwa untuk menumpas makhluk yang mengganggu kehidupan para dewa. Di candi siwa berdiri arca agastya dengan gambaran seorang bertubuh tambun, perut buncit, bertangan empat, inilah yang bernama Ganesa. Ganesa ini melambangkan kebijaksanaan dan pengetahuan. Terdapat candi pendamping di masing masing candi utama. Candi siwa didampingi nandini, candi brahma didampingi angsa , candi wisnu didampingi garuda. Jika anda mengamati relief yang ada di candi, relief yang menonjol adalah relief mengisahkan cerita ramayana dan relief pohon kalpataru yg merupakan lambang kelestarian.  Tak salah jika setiap bulan purnama diadakan pementasan sendratari ramayana di plataran candi prambanan. Anda bisa menikmati Ramayana ballet atau sendratari tari Ramayana yang sudah dijadwalkan pementasannya.

Menarik bukan menikmati candi dari sisi sejarahnya. Jika anda ingin mengeksplor candi dari sisi sejarah maupun arsitekturnya dengan leluasa anda bisa mengunjungi pada  pagi hari. Pagi hari suasana masih tenang, belum banyak wisatawan yang datang kesini. Udara masih segar, sejuk. Anda bisa berkeliling mengamati membaca candi dg puas. Selain candi, musium di kompleks taman purba kala candi prambanan menjadi tempat yang harus dikunjungi setelah berkeliling candi prambanan. Disini adalah tempat untuk menyimpan berbagai temuan bersejarah purba kala. Musium yang dibangun dengan arsitektur tradisional jawa ini menyimpan berbagai batu batu candi, berbagai arca yang ditemukan sekitar candi. Tiket masuk ke obyek wisata ini untuk wisatawan lokal Rp 40000 untuk dewasa, anak Rp 20000.  Sedangkan untuk wisatawan manca 25 USD.  Candi Prambanan diibuka pukul 08.00 – 17.00. Pintu masuk menuju candi dipisahkan antara wisata domestik dan lokal. Setelah puas mengeksplor Prambanan anda bisa mengunjungi  ke candi sekitarnya. Ada candi lumbung, candi bubrah, candi sewu, candi ratu boko, yang merupakan kerajaan ayah roro jonggrang. “balaputradewa’.  Menarik bukan, berwisata dapat ilmu sejarah.

Bersama TiaTransport Tour Travel jogja tour wisata ke candi prambanan dan sekitarnya menjadi lebih mudah dan menarik. Tersedia aneka paket wisata jogja menarik lainnya yang dapat anda pilih sesuai keinginan dengan harga yang terjangkau. Hubungi kami untuk pemesanan dan informasi selengkapnya aneka paket wisata jogja via chat whatapp untuk respon lebih cepat

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *