Kalibiru Kekayaan Puncak Menoreh

Udara pagi puncak menoreh yang sejuk dan segar udara menyambut para pengunjung di kawasan wisata kali Biru. Nuansa pedesaan dengan rindangnya pepohonan pun sebagai ucapan selamat datang. Puncak menoreh memang menyimpan kekayaan panorama alam yang indah. Kali biru yang berada di ketinggian 450 meter dari permukaan laut ini memiliki pemandangan yang memukau. Keindahan yang benar benar memanjakan mata akan anda temui ketika berada di puncak bukit. Dengan latar belakang hamparan air waduk sermo berwarna kebiruan  dan perbukitan menoreh yang didominasi hijaunya pepohonan membuat kali biru ini  sebagai tempat wisata yang hits di jogja, bahkan di Indonesia.

Terletak di desa Hargo wilis, kecamatan Kokap kulon Progo, kali biru menjadi alternatif pilihan untuk anda melepas penat dari rutinitas harian anda.  Bentang alam yang asri, harmonisasi antara hijaunya hutan dengan perbukitan luas memanjakan mata. Keindahan puncak kali biru dapat anda nikmati pada pagi hari, anda bisa menikmati sunrise yang indah dan di sore hari bisa melihat sunset yang juga tak kalah keren. Suasana yang tenang, sejuk, nyaman bisa memberikan efek menenangkan dan kembali fresh. Bisa sejenak melepas penat dan meningkatkan quality time bersama keluarga. Fasilitas yang disediakan sudah lengkap. Fasilitas yang tersedia antara lain

1. Pondok wisata, semacam Villa atau penginapan yang didesain seperti rumah kampung Jawa  tetapi sedikit dimodifikasi. Terdapat 6 unit pondok, dengan daya tampung 10-15 orang perpondok. Tarif Villa ini Rp 300000 per 24 jam.

2.Joglo, sebuah tempat untuk ruang pertemuan. Terdapat 3-2 unit joglo dengan  lantai keramik. Kapasitas ruang 75 orang. Tarif sewa joglo sekitar Rp 150000. Jangan lupa jika ingin menggunakan joglo ini anda harus reservasi dulu sebelumnya.

3. Gardu pandang, adalah tempat yang cocok untuk memperoleh sudut pandang yang ideal, melihat pemandangan sekitar bukit. Dari sini anda bisa melihat waduk sermo dari atas bukit. Gardu pandang terdapat dibeberapa sudut lokasi. Menuju kesini harus berjalan melalui jalan setapak yang mendaki karena berada di lereng bukit.

4. Area outbond, seperti wooden bridge, spider Web, climbing, sling dan flying fox. Masing masing  tingginya 6-7meter dari permukaan tanah. Tarif outbond  Rp35000 per orang sudah termasuk alat pengaman dan helm.

5. Spot foto dengan tarif sekitar Rp 15000 Rp 35000. Disini ada 7 spot foto yang unik. Yang menarik adalah spot foto yang ada di dataran tinggi berupa rumah pohon dengan latar belakang pemandangan waduk sermo. Di spot spot foto ini pengunjung harus rela antri terutama musim liburan antriane ya lebih dari 1 jam. Disediakan bangku bangku untuk menunggu antrian.

6. Camping ground untuk mendirikan tenda. Jika anda ingin menikmati sunrise dan sunset dengan suasana dalam bebas, camping menjadi alternatif pilihannya.

7. Warung makan dan minum dipintu masuk dan dalam kawasan wisata. Harga rata rata 10000 per porsi.

Wisata ini dibangun atas inisiatif masyarakat sekitar hutan kali bening yang merupakan hutan negara di wilayah kali biru. Sebelumnya kawasan hutan ini gersang karena bembalakan liar. Kini kembali hijau dengan program reboisasi. Mereka kemudian mempunyai keinginan agar hutan tetap hijau, sejuk, lestari. Pengembangan wisata ini tak lepas dari proses panjang upaya masyarakat memulihkan hutan yang tandus dan gersang. Izin pemanfaatan hutan kemasyarakatan selama 35 tahun yang diperoleh kelompok kelompok pengelola hutan atas kepercayaan pemerintah dengan masyarakat.

Kali biru berada di 45 km dari jogja,dengan jarak tempuh sekitar 1 jam sampai 1,5 jam. Jika ingin mengunjungi kali biru, dari kota jogja arahkan kendaraan anda menuju jalan wates ikuti arah pemandian clereng, setelah sampai ke utara 100 m lewat pasar clereng belok kiri ikuti petunjuk arah ke kali biru. Tiket masuk kesini 10000, parkir motor 2000, parkir mobil 5000. Buka mulai pukul 06.00-17.00. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berkunjung kesini adalah pastikan mobil dan motor fit karena jalan menuju kali biru memiliki tanjakan yang lumayan ekstrem.  Dan pakailah sendal, jangan pakai sepatu atau sendal high heels karena menuju ke kali biru jalannya cukup menanjak, hp dan kamera harus full batre untuk mengabadikan pemandangan disini. Tunggu apalagi, mari ajak teman, keluarga ke kali biru.

tarif paket wisata jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *